Thursday, June 11, 2020

Kronologis Setoran Tunai Tertelan di ATM BCA


Sudah lama nggak nulis di blog karena sibuk dan nggak punya tema atau hal-hal yang perlu dibahas. But thanks to BCA (Bank Central Asia) yang sudah memberikan saya ide dan konten untuk nge-blog kembali. Blog ini akan berisi seputar complain saya terhadap bank tersebut.

Sebelumnya, saya mengucapkan terimakasih selama menjadi nasabahnya kurang lebih mau 10 tahun, saya merasa dimudahkan untuk bertransaksi dimanapun dan kapanpun karena ATM-nya banyak dimana-mana. Fasilitas internet banking & m-banking juga sangat memudahkan kehidupan finansial saya.

Tapi pagi ini saya dibuat kesal oleh salah satu ATM yang ada di BCA Jalan HZ Mustofa Kota Tasikmalaya. Satu atau dua kali dalam seminggu, saya biasa setor tunai ke BCA yang ada di Jalan HZ Mustofa. Saya biasa memisahkan uang 50-100 ribuan dari hasil usaha untuk setor langsung ke ATM daripada ke teller untuk menghemat waktu, maklum cuma pencari receh keberkahan :D

Begitu sampai di ruangan ATM, saya langsung bertransaksi di mesin untuk setor tunai dengan memasukkan beberapa lembar uang 50-100 an. Seringkali tidak saya hitung karena biasanya terhitung otomatis oleh mesin saat akan dimasukkan ke dalam rekening. Namun pagi tadi kayaknya lagi apes. Tiba-tiba mesin error, uang yang saya sudah masukkan ke kotak tempat memasukkan uangnya tertutup namun uang tidak bisa dimasukkan ke rekening. Hanya ada tulisan ‘silakan ambil kartu Anda’.

Untung memancing kap uangnya terbuka, saya coba narik uang. Ternyata error juga, hanya ada perintah untuk kembali mengambil kartu. Saya coba minta tolong satpam, dia langsung merekomendasikan saya agar langsung ke Customer Service. Untung lagi jam kerja, jadi langsung diproses.

Setelah bertemu CS, saya jadi galau juga pas tahu uang pasti akan aman dan nanti akan dilihat selisihnya dari sisa di ATM sama uang yang saya setorkan, tapi uangnya akan masuk ke rekening dalam 7 hari. Cukup panik dan sedih buat para pencari receh kayak saya dimana uang dengan nominal tersebut lumayan untuk puter-puter modal cari cuan.

Yang saya kecewa dari ATM BCA tersebut adalah, screen yang ada di ATM menandakan siapapun bisa bertransaksi tarik/setor tunai. Sangat jelas screen setor tunai centang/ceklis hijau. Tidak tanda X merah. Setelah saya coba bikin story di instagram, beberapa teman yang bekerja di perbankan (sebagian bekerja di BCA) meyakinkan saya untuk tenang karena uang pasti akan kembali. Pasti sih kalau itu… Bank sekelas BCA mana ada mengecewakan nasabahnya.. untuk yang kedua kalinya :) 



Meski lagi nggak beruntung karena punya masalah kayak gini, saya masih merasa beruntung karena masih punya sisa tabungan untuk menyambung hidup dan usaha saya. Target 2021 jadi nasabah BCA Prioritas wkwkwk, kalau nggak ganti bank.

Kebayang kalau orang yang uangnya tertelan nggak punya tabungan dan uang yang tertelannya itu buat bayar kuliah/cicilan yang besok jatuh tempo, yang kalau nggak dibayar hari itu tamatlah riawayatnya. Untung saya nggak, uang tertelan segitu mah masih bisa hidup, beli makan, beli quota dan beli bensin. Alhamdulillah.

Yaudah, segitu dulu ceritanya. Mudah-mudahan duitnya balik kurang dari seminggu, meski barusan banget ada salah satu teman menceritakan kejadian serupa dan uangnya katanya balik dalam waktu lebih dari 10 hari :D

NB: Anyway, uang saya sudah balik dalam 2 hari. Alhamdulillah. Tulisan ini diupdate.


No comments:

Post a Comment