Saturday, December 24, 2016

Chaos Inside, Calm Outside

Salah satu character goal yang harus saya capai dalam waktu dekat adalah mampu menjaga kestabilan emosi. 

Sebenarnya keinginan tersebut berawal dari sebuah quote yang saya baca : Nobody makes you angry. You just respond them with anger. Artinya tidak ada orang yang membuatmu marah, hanya saja kamu yang merespon mereka dengan kemarahan. 

Whoop! Saya merasa tercubit dengan quote tersebut. Tidak jarang hal yang terjadi di luar sana membuat saya meresponnya dengan cara negatif seperti marah dan jadi bad mood. Selain karena quote yang tadi saya sampaikan, ada hal lain yang membuat saya ingin merubah kebiasaan jelek saya tersebut: melihat orang lain yang beraksi demikian.

Mungkin itu yang namanya refleksi. Saya melihat kelakukan buruk orang lain. Saya menilainya buruk karena memang membuat vibe jadi terasa negatif. Namun tanpa saya sadari, saya pun terkadang seperti itu. Makanya saya tergerak untuk tidak berlaku demikian lagi dan ingin berubah lebih baik serta positif dalam merespon segala hal. Minimal saya mampu meminimalisir reaksi negatif dalam merespon sesuatu karena pasti bergerak menuju positif perlu proses.



No comments:

Post a Comment